Internet Nirkabel

Internet sekarang ini bukanlah suatu hal yang tabu lagi bagi seluruh penduduk Indonesia. Bersamaan dengan kemajuan zaman yang sangat pesat kebutuhan internet pun sekarang sangat banyak. Provider telepon selular sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa internet. Untuk mengakses internet pun sekarang bisa dimana saja. Di mal, kampus, atau di tempat- tempat yang menyediakan LAN (Local Area Network).

LAN biasanya mencakup wilayah kecil seperti mal, kampus, bahkan rumah. LAN yang tersedia sekarang ini IEEE 802.3 (Institute of Electrical and Electonics Engineers) teknologi ethernet yang menggunakan perangkat swith. Kecepatan aksesnya bisa mencapai 100Mbit/s.

Selain itu, teknologi 802.11 atau sering disebut juga Wi-Fi(Wireless Fidelity). Teknologi ini biasanya tersedia di tempat-tempat yang menyediakan hotspot.
Wi-fi terdapat berbagai jenis, yaitu :
• 802.11a
• 802.11b
• 802.11g
• 802.11n
Secara teknis, Wi-Fi merupakan salah satu teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN(Wireless Local Area Network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

WLAN (Wireless Local Area Network) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya. link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.

Sekarang sudah banyak perangkat elekronik yang menggunakan WLAN, contohnya handphone, laptop, dll. Dengan sudah tersedianya WLAN pada perangkat elektronik itu merupakan sebuah perkembangan teknologi yang ada pada zaman ini. Dan dapat mempermudah kita menggunakan internet dmana saja. Oleh karena itu, kita tunggu saja perkembangan teknologi di zaman yang akan mendatang.

referensi dari :
wikipedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: