Banjiirrr…..

Jakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Jakarta juga adalah ibu kota negara kita. Banyak orang-orang mengadu nasib di kota ini agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagai kota besar jakarta tidak luput dari masalah-masalah, salah satunya adalah masalah saat musim hujan, yaitu banjir.

Banjir sudah bukan sesuatu yang jarang lagi di kota ini apabila sudah memasuki musim hujan. Hampir di setiap sudut kota diserang oleh banjir. Contohnya di daerah jakarta timur. Di daerah ini hampir setiap tahunnya menjadi langganan banjir. Karena daerah ini dekat oleh kali ciliwung yang membawa air dari bogor. Pada saat curah hujan di bogor sangat tinggi dan menyebabkan kali ciliwung menjadi penuh maka yang terkena imbasnya adalah daerah-daerah yang dekat dengan kali tersebut. Selain karena curah hujan yang tinggi ada juga faktor yang menyebabkan terjadinya banjir, seperti membuang sampah sembarangan, sistem drainase yang kurang bagus juga bisa mempengaruhi terjadinya banjir.

Coba saja kita lihat kali ciliwung, dimana begitu banyaknya sampah yang ada disana sehingga menyebabkan arus air menjadi terganggu. Himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan pun sudah sering si ucapkan, tetapi masyarakat masih saja tidak mendengarkan himbauan tersebut. Andai saja masyarakat mengikuti himbauan itu kemungkinannya banjir tidak akan terjadi.belum saja penyakit-penyakit yang menyerang para korban-korban banjir seperti, gatal-gatal,diare dan lainnya.

Pemerintah kota Jakarta juga tidak tinggal diam dalam menghadapi persoalan banjir ini. Pada akhirnya pemerintah membuat kanal-kanal yang dimaksudkan untuk mengurangi atau mungkin membasmi banjir. Terdapat dua banjir kanal di jakarta yaitu, Banjir Kanal Barat (BKB) dan Banjir Kanal Timur (BKT). Banjir Kanal Barat (BKB) bermula dari manggarai dan berakhir di sebuah reservoar di muara, di daerah Pluit.

Sedangkan Banjir Kanal Timur (BKT) dimaksudkan untuk menampung aliran dari kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat dan Kali Cakung. Jika dua banjir kanal ini berfungsi mudah-mudahan tidak ada lagi banjir di Jakarta yang sangat merugikan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah banjir ataupun masyarakat yang sering melewati daerah banjir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: