Sejarah Handphone

Telepon selular atau mobile (juga disebut ponsel dan handphone) adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk telekomunikasi seluler (telepon seluler, pesan teks atau data transmisi) melalui jaringan seluler BTS khusus yang dikenal sebagai situs sel. Ponsel berbeda dari telepon tanpa kabel, yang hanya menawarkan layanan telepon dalam jangkauan yang terbatas, misalnya, dalam rumah atau kantor, melalui jaringan tetap dan stasiun pangkalan yang dimiliki oleh pelanggan dan juga dari telepon satelit dan telepon radio.

Berbeda dengan telepon radio, ponsel menawarkan komunikasi full duplex, secara otomatis menelepon dan paging dari tanah umum jaringan mobile (PLMN), dan handoff (penyerahan) selama panggilan telepon ketika user bergerak dari satu sel (base station cakupan daerah) yang lain. Sebagian besar ponsel saat ini terhubung ke jaringan selular terdiri dari switching poin dan stasiun base (situs sel) yang dimiliki oleh operator jaringan mobile. Selain fungsi standar suara, telepon selular saat ini dapat mendukung layanan tambahan banyak, dan aksesoris, seperti untuk pesan teks SMS, email, packet switching untuk akses ke Internet, gaming, Bluetooth, inframerah, kamera perekam video dan MMS untuk mengirim dan menerima foto dan video MP3 player, radio dan GPS.

Konsep telepon genggam adalah gagasan Martin Cooper, dan dengan bantuan tim Motorola nya, handset pertama lahir pada tahun 1973 dengan berat dalam dua kilo. International Telecommunication Union memperkirakan bahwa langganan telepon seluler di seluruh dunia akan mencapai sekitar 4,6 milyar pada akhir tahun 2009. Ponsel telah mendapatkan peningkatan penting dalam bidang Informasi dan teknologi komunikasi untuk pembangunan di tahun 2000 dan secara efektif mulai mencapai bagian bawah piramida ekonomi.

Hingga saat ini telepon selular pun menjadi barang yang ama sangat penting. Dengan handphone kita dapat berkomunikasi dimana saja. Tidak diragukan lagi bahwa sekarang telepon seluler merupakan barang yang penting dan sekaligus juga menjadi trend.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: