Sejarah Intel

Intel Corporation (NASDAQ: INTC; SEHK: 4335; Euronext: INCO) adalah penemu seri x86 mikroprosesor, prosesor ditemukan di komputer personal yang paling. Perusahaan ini terbesar semikonduktor di dunia chip maker, berdasarkan pendapatan Intel. ini didirikan pada tanggal 18 Juli 1968, sebagai Terpadu Electronics Corporation (meskipun kesalahpahaman umum adalah bahwa “Intel” adalah dari kecerdasan kata) dan berbasis di Santa Clara, California, USA. Intel juga membuat chipset motherboard, pengendali jaringan antarmuka dan sirkuit terpadu, flash memory, chip grafis, tertanam prosesor, dan perangkat lain yang terkait dengan komunikasi dan komputasi. Didirikan oleh perintis semikonduktor Robert Noyce dan Gordon Moore, dan luas dikaitkan dengan kepemimpinan dan visi eksekutif Andrew Grove, Intel menggabungkan kemampuan desain chip canggih dengan kemampuan manufaktur terdepan. Awalnya dikenal terutama untuk insinyur dan ahli teknologi, “Intel Intel Inside” kampanye iklan yang dibuat tahun 1990-an dan nama prosesor Pentium rumah tangga tersebut.

Intel adalah pengembang awal SRAM dan chip memori DRAM, dan ini mewakili sebagian besar bisnisnya sampai awal 1980-an. Sementara Intel menciptakan chip microprocessor pertama komersial pada tahun 1971, ia tidak sampai keberhasilan dari komputer pribadi (PC) bahwa ini menjadi bisnis utama mereka. Selama 1990, Intel berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru mendorong pertumbuhan industri PC. Selama periode ini Intel menjadi pemasok dominan mikroprosesor untuk PC, dan dikenal karena taktik-taktik agresif dan kadang-kadang kontroversial dalam mempertahankan posisi pasar, khususnya terhadap AMD, serta perjuangan dengan Microsoft untuk mengendalikan arah industri PC. The 2009 peringkat dari 100 di dunia merek yang paling kuat yang diterbitkan oleh Brown Millward Optimor menunjukkan nilai merek perusahaan naik 4 tempat – dari nomor 27 ke nomor 23.

Selain bekerja di semikonduktor, Intel telah mulai penelitian di transmisi listrik dan generasi.

Intel telah berkembang melalui beberapa tahap yang berbeda. Pada pendiriannya, Intel dibedakan hanya dengan kemampuannya untuk membuat semikonduktor, dan hasil utamanya adalah memori akses acak statik (SRAM) chip. Intel bisnis tumbuh selama tahun 1970-an karena diperluas dan meningkatkan proses produksi dan menghasilkan jenis produk, masih didominasi oleh perangkat berbagai memori.

Sementara Intel menciptakan microprocessor pertama yang tersedia secara komersial (Intel 4004) pada tahun 1971 dan salah satu mikrokomputer pertama pada tahun 1972,oleh awal 1980-an usahanya didominasi oleh dinamis chip memori akses acak. Namun, meningkatnya persaingan dari produsen semikonduktor Jepang, tahun 1983, secara dramatis mengurangi profitabilitas pasar ini, dan keberhasilan tiba-tiba dari komputer IBM pribadi yakin lalu-CEO Grove mengubah fokus perusahaan untuk mikroprosesor, dan untuk mengubah aspek-aspek fundamental yang model bisnis.

Pada akhir tahun 1980-an keputusan ini telah terbukti berhasil. Didukung oleh posisi kebetulan sebagai pemasok mikroprosesor untuk IBM dan pesaing di dalam pasar komputer yang berkembang pesat pribadi, Intel memulai pada periode 10-tahun pertumbuhan yang sangat pesat sebagai primer (dan paling menguntungkan) pemasok perangkat keras untuk industri PC. Pada akhir 1990-an, lini prosesor Pentium telah menjadi nama rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: